Sholat Malam dan Membangunkan Istri untuk Sholat Bersama

Sholat Malam dan Membangunkan Istri untuk Sholat Bersama – Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam jika ada perkara yang menyusahkannya, beliau segera mendirikan sholat dan memerintah kan orang yang bermimpi sesuatu yang tidak disukainya untuk melaksanakan sholat.

115 – حَدَّثَنَا صَدَقَةُ أَخْبَرَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ مَعْمَرٍ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ هِنْدٍ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ وَعَمْرٍو وَيَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ هِنْدٍ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتِ اسْتَيْقَظَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ فَقَالَ سُبْحَانَ اللهِ مَاذَا أُنْزِلَ اللَّيْلَةَ مِنَ الْفِتَنِ وَمَاذَا فُتِحَ مِنَ الْخَزَائِنِ أَيْقِظُوا صَوَاحِبَاتِ (صَوَاحِبَ) الْحُجَرِ فَرُبَّ كَاسِيَةٍ فِي الدُّنْيَا عَارِيَةٌ فِي الْآخِرَةِ

Telah menceritakan kepada kami Shodaqoh telah mengabarkan kepada kami Ibnu ‘Uyainah dari Ma’mar dari Az-Zuhri dari Hind dari Ummu Salamah dan ‘Amru. Dan dari Yahya bin Sa’id dari Az- Zuhri dari Hind dari Ummu Salamah rodiyallohu anha berkata, “Pada suatu malam Nabi Shollallohu alaihi wa sallam terbangun lalu bersabda: “Subhanalloh (Maha suci Alloh), fitnah apakah yang diturunkan pada malam ini? Dan apa yang dibuka dari dua perbendaharaan (Romawi dan Persia)? Bangunkanlah orang-orang yang ada di balik dinding (kamar-kamar/yaitu istri-istri beliau), karena betapa banyak orang yang berpakaian di dunia ini namun akan telanjang nanti di akhirat.” (Hadis riwayat al-Bukhori: 115)

Ibnu Hajar al-Asqolani rohimahulloh berkata:

وَفِي الْحَدِيث جَوَاز قَوْل : ” سُبْحَان اللَّه ” عِنْد التَّعَجُّب ، وَنَدْبِيَّة ذِكْر اللَّه بَعْد الِاسْتِيقَاظ، وَإِيقَاظ الرَّجُل أَهْله بِاللَّيْلِ لِلْعِبَادَةِ لَا سِيَّمَا عِنْد آيَة تَحْدُث….

وَفِي الْحَدِيث اِسْتِحْبَاب الْإِسْرَاع إِلَى الصَّلَاة عِنْد خَشْيَة الشَّرّ كَمَا قَالَ تَعَالَى : ( وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاة ) وَكَانَ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا حَزَبَهُ أَمْر فَزِعَ إِلَى الصَّلَاة ، وَأَمَرَ مَنْ رَأَى فِي مَنَامه مَا يَكْرَه أَنْ يُصَلِّيَ ، وَسَيَأْتِي ذَلِكَ فِي مَوَاضِعه . وَفِيهِ التَّسْبِيح عِنْد رُؤْيَة الْأَشْيَاء الْمَهُولَة ، …وَاَللَّه أَعْلَم

Di dalam hadis ini ada dalil dibolehkannya mengucapkan ‘Subhanalloh’ ketika melihat sesuatu yang mengherankan. Dianjurkan nya berzikir saat terbangun tidur, membangun-kan istri di waktu malam untuk ibadah, apalagi ketika ada tanda-tanda alam yang terjadi… (Sebagian syarh Hadis menjelaskan ‘atau setelah mimpi yang menakutkan’)….

Di dalam hadis ini dianjurkan bersegera melaksanakan sholat ketika takut keburukan, sebagaimana Alloh Subhanahu wa Taala berfirman:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاة

“Minta tolonglah (kepada Alloh) dengan bersabar dan sholat”. (Qs. Al-Baqoroh: )

Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam jika ada perkara yang menyusahkannya, beliau segera mendirikan sholat dan memerintah kan orang yang bermimpi sesuatu yang tidak disukainya untuk melaksanakan sholat.

Di hadis ini ada pula penjelasan untuk bertasbih ketika melihat sesuatu yang menakutkan… Wallohu alam (Fathul Bari: 1/184)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *