Perbanyak Amal Sholeh di Bulan Dzul Qa’dah

Anda telah Memasuki Bulan Haram Bulan Dzul Qa’dah

Saat ini kita telah masuk dalam bulan Haram, yaitu bulan Dzul Qa’dah. Bulan Dzul qa’dah adalah satu di antara empat bulan Haram, yaitu bulan-bulan yang disucikan dan diagungkan oleh Allah ta’ala.

Allah ta’ala berfirman,

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kalian menganiaya diri kalian dalam bulan yang empat itu.” (QS. At-Taubah: 36)

Bulan Haram yang empat tersebut dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau bersabda,

 أَلَا إِنَّ الزَّمَانَ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ اللهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلَاثٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبُ …َ

“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya waktu itu telah berputar sebagaimana biasanya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun dua belas bulan, di antaranya empat bulan haram. Tiga bulan diantaranya berturut-turut, yaitu Dzul qa’dah, Dzul hijjah, Muharram dan Rajab.” (HR. Ahmad)

Ketauhilah sahabat bahwa maksiat yang dilakukan di bulan Haram lebih besar dosanya daripada melakukan dosa di bulan-bulan lainnya. Demikian juga sebaliknya pahala amal sholih yang dilakukan di bulan Haram dilipatgandakan.

Ali bin Abi Thalhah menuturkan dari Ibnu Abbas radliallahu ‘anhuma tentang ayat tersebut, “Allah mejadikan empat bulan itu sebagai bulan Haram, dimana Dia memperbesar keharaman-keharamannya, dan Dia menetapkan dosa yang dilakukan padanya lebih berat, serta menjadikan pahala dan amal shalih dan pahalanya juga lebih besar.” (Shahih Tafsir Ibnu Katsir (IV/204)

Oleh karena itu bersemangatlah dan perbanyaklah amal sholeh di bulan ini, serta berpikirlah ribuan kali untuk bermaksiat kepadaNya.

Baca Juga

Perbanyak Amal Sholeh di Bulan Dzul Qa'dah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *