Orang yang Berhijrah di Zaman ini

Orang yang Berhijrah di Zaman ini – sesungguhnya bencana agama dan kesulitan berat akan terjadi saat urusan agama menjadi remeh dan perhatian terhadapnya sangat minim. Tidak ada lagi perhatian yang ada pada diri seseorang kecuali dunia dan pencarian rizki pribadinya sendiri-sendiri serta hanya yang terkait dengan itu semua.

Ibnu Hajar al-‘Asqolani rohimahulloh berkata:

“قَالَ الْقُرْطُبِي: إِنَّ الْفِتَنَ وَالْمَشَقَّةَ الْبَالِغَةَ، سَتَقَعُ حَتَّى يَخِفَّ أَمْرَ الدِيْنِ، ويَقِلَّ الْاِعْتِنَاءَ بِأَمْرِهِ، وَلاَ يَبْقَى لِأَحَدٍ اِعْتِنَاءٌ إِلاَّ بِأَمْرِ دُنْيَاهُ وَمَعَاشِهِ نَفْسِهِ، وَمَا يًتَعَلّقُ بِهِ؛ وَمِنْ ثَمَّ عَظُم قَدْرُ الْعِبَادَةِ أَيَّامَ الْفِتْنَة”.

“Al-Qurthubi rohimahulloh berkata: ‘sesungguhnya bencana agama dan kesulitan berat akan terjadi saat urusan agama menjadi remeh dan perhatian terhadapnya sangat minim. Tidak ada lagi perhatian yang ada pada diri seseorang kecuali dunia dan pencarian rizki pribadinya sendiri-sendiri serta hanya yang terkait dengan itu semua. Di sinilah nilai ibadah begitu besar di saat-saat fitnah ini merebak”. (Fathul Bari: 13/75)

Karena itu dalam hadis diriwayatkan:

1366 عنْ مَعقِلِ بن يسارٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: العِبَادَةُ في الهَرْجِ كهِجْرةٍ إلَيَّ رواهُ مُسْلمٌ.

Ma’qol bin Yasar rodiyallohu ‘anhu mengatakan bahwa Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda:

العِبَادَةُ في الهَرْجِ كهِجْرةٍ إلَيَّ

“Beribadah di zaman kekacauan seperti berhijrah ke (tempat) ku”. (Hadis riwayat Muslim:1366)

Tampak bahwa masa kita dan masa-masa ke depan adalah masa-masa harj dan fitnah… Tetaplah jaga diri kita masing-masing di benteng ibadah… inilah pahala hijrah di zaman yang berat ini…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *